Wednesday, May 10, 2017

1.         Definisi Email


Email adalah surat elektronik sebagai sarana kirim mengirim surat melalui jaringan komputer atau internet.
Terdapat dua jenis e-mail,yaitu sebagai berikut :
  • E-mail yang berbasis web : seluruh aktivitas mengirim atau menerima e-mail dilakukan melalui sebuah situs yang disebut dengan web e-mail. Setiap menggunakan e-mail pengguna harus terhubung dengan internet
  •  E-mail berbasis client : untuk menggunakan e-mail ini dibutuhkan perangkat lunak seperti Eudora atau Microsoft Outlook dan tanpa harus terhubung dengan internet
a.        Mail Server

Mail server adalah penyedia layanan yang mendistribusikan file atau infomasi melalui email atau surat elektronik.

Protocol yang ada di email :
  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), digunakan untuk menampung dan mendistribusikan email, biasanya di sebut outgoing server/sending server
  • POP3 dan IMAP digunakan agar user dapat mengambil dan membaca email secara remote melalui mail client, biasanya disebut incoming server/receiving mail.
b.        Mail Client

Mail client adalah aplikasi yang digunakan untuk membuka, membuat surat, mengirim surat, dan melakukan konfigurasi terhadap akun email kita.
Beberapa contoh mail client : zimbra mail client, mozilla thunderbird, ms. outlook, webmail (di browser), dll.
  
2.       Etika Penggunaan E-mail
e-mail adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lain. Kita dapat mengirim file berupa apapun dan apat mengirim ke beberapa orang sekaligus. E-mail juga mempunyai dampak negatif misalnya sebagai alat penyebaran virus komputer dan alat komunikasi orang yang mempunyai tujuan buruk seperti para teroris.
Sobat semua anda bisa saja menggunakan singkatan-singkatan yang umum digunakan dalam email, namun saat berkomunikasi dengan pelanggan luar, setiap orang harus mengikuti aturan penulisan standar. Pesan email anda mencerminkan anda dan perusahaan/lembaga anda, jadi aturan “tradisional” dalam hal ejaan, tata bahasa maupun tanda baca tetaplah berlaku.
Bagaimana kita dapat menggunakan E-mail dengan baik dan benar ?, berikut cara mengirim E-mail dengan baik dan benar :
a.        Login ke akun E-mail atau Gmail yang sobat miliki
b.        Klik Compose atau Tulis, kemudian akan muncul sebuah form seperti gambar dibawah ini :

Ø  To => Untuk penerima E-mail (Utama)

Ø  CC => Untuk penerima E-mail (Tembusan)

Ø  BCC => Untuk tembusan yang tidak bisa di lihat penerima yang lain.

Ø  Subject => Untuk judul dari E-mail tersebut

Ø  Content => Isi dari E-mail yang akan kita kiirim, bisa berupa salam pembuka atau basa-basi tentang percakapan.

Ø  Footer/Signature => Tanda tangan kita sebagai pengirim E-mail

0 Comments:

Post a Comment



Search This Blog

Powered by Blogger.

BTemplates.com

Pages - Menu

About

Blogroll

By :
Free Blog Templates