Wednesday, May 10, 2017
1. Definisi Email
Email adalah surat elektronik sebagai sarana kirim
mengirim surat melalui jaringan komputer atau internet.
Terdapat dua jenis e-mail,yaitu sebagai berikut :
Terdapat dua jenis e-mail,yaitu sebagai berikut :
- E-mail yang berbasis web : seluruh aktivitas mengirim atau menerima e-mail dilakukan melalui sebuah situs yang disebut dengan web e-mail. Setiap menggunakan e-mail pengguna harus terhubung dengan internet
- E-mail berbasis client : untuk menggunakan e-mail ini dibutuhkan perangkat lunak seperti Eudora atau Microsoft Outlook dan tanpa harus terhubung dengan internet
Mail server adalah penyedia layanan yang
mendistribusikan file atau infomasi melalui email atau surat elektronik.
Protocol yang ada di email :
- SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), digunakan untuk menampung dan mendistribusikan email, biasanya di sebut outgoing server/sending server
- POP3 dan IMAP digunakan agar user dapat mengambil dan membaca email secara remote melalui mail client, biasanya disebut incoming server/receiving mail.
Mail client adalah aplikasi yang digunakan untuk
membuka, membuat surat, mengirim surat, dan melakukan konfigurasi terhadap akun
email kita.
Beberapa contoh mail client : zimbra mail client,
mozilla thunderbird, ms. outlook, webmail (di browser), dll.
2. Etika Penggunaan E-mail
e-mail
adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam format data elektronik dari
satu komputer ke komputer lain. Kita dapat mengirim file berupa apapun dan apat
mengirim ke beberapa orang sekaligus. E-mail juga mempunyai dampak negatif
misalnya sebagai alat penyebaran virus komputer dan alat komunikasi orang yang
mempunyai tujuan buruk seperti para teroris.
Sobat semua anda bisa saja
menggunakan singkatan-singkatan yang umum digunakan dalam email, namun saat
berkomunikasi dengan pelanggan luar, setiap orang harus mengikuti aturan
penulisan standar. Pesan email anda mencerminkan anda dan perusahaan/lembaga
anda, jadi aturan “tradisional” dalam hal ejaan, tata bahasa maupun tanda baca
tetaplah berlaku.
Bagaimana kita dapat menggunakan
E-mail dengan baik dan benar ?, berikut cara mengirim E-mail dengan baik dan
benar :
a.
Login
ke akun E-mail atau Gmail yang sobat miliki
b.
Klik
Compose atau Tulis, kemudian akan muncul sebuah form seperti gambar dibawah ini
:
Ø To => Untuk penerima E-mail
(Utama)
Ø CC => Untuk penerima E-mail
(Tembusan)
Ø BCC => Untuk tembusan yang tidak
bisa di lihat penerima yang lain.
Ø Subject => Untuk judul dari E-mail
tersebut
Ø Content => Isi dari E-mail yang
akan kita kiirim, bisa berupa salam pembuka atau basa-basi tentang percakapan.
Ø Footer/Signature => Tanda tangan
kita sebagai pengirim E-mail
0 Comments:
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Blog Archive
Search This Blog
Powered by Blogger.
-
MAKALAH EXPORT IMPORT PRINCIPLES “ORGANISASI PERDAGANGAN DUNIA” DI SUSUN OLEH: NUNUNG NURHAYATI (150113160141) DOSEN: ACHMAD RACHM...
-
Cara mengganti tema email pada gmail Bosan dengan tampilan/tema Email Anda yang begitu-begitu saja? Maksudnya dengan warna background ...
-
Ini adalah Cara Sharing Data Folder dan File di Jaringan/Network Komputer PC anda Sharing data bertujuan untuk berbagi akses kepada user l...